Saat ini gamis menjadi pakaian wanita sehari-hari. Baik itu digunakan di tempat kerja, ke pasar, ke mall, dan sebagainya. Gamis ini mulai digandrungi para ibu-ibu hingga anak kalangan muda. Model gamis ini juga bervariasi, dengan seiring berjalannya waktu model gamis terus berkembang. Pakaian gamis ini hingga kini berubah menjadi setelan gamis dan jilbab. Jenis model nya bisa kombinasi warna jilbab dan gamis berbeda dengan dipadukan beragam warna pilihan. Namun tak hanya diperhatikan dari model nya saja, perlu diketahui juga bahan yang digunakan. Adapun bahan yang digunakan biasanya akan mempengaruhi hasil produksi nya. Jika bahan yang digunakan pas dan cocok maka produk yang dihasilkan memuaskan. Nah, untuk itu perlu diketahui bahwa mengetahui jenis-jenis bahan yang digunakan gamis sangat lah penting. Namun bahan yang digunakan juga akan berpengaruh terhadap harga dan tentunya kenyamanan saat mengenakan nya. Berikut paparan jenis kain yang direkomendasikan dalam membeli atau membuat gamis;

  • Kain Katun Combed

Kain ini memiliki karakteristik sangat halus, dingin, sejuk, dan nyaman ketika dikenakan. Kain yang terbuat dari serat kapas alami yang melalui proses pemintalan dengan menggunakan mesin combing. Jenis bahan katun combed ini cocok digunakan pada bahan gamis.

  • Kain Wool peach / Wolfis

Kain wolfis ini cocok digunakan untuk membuat gamis. Kain wolfis ini tebal, ringan, dan tidak menerawang. Kain wolfis ini juga nyaman ketika dikenakan sehingga banyak para konsumen mencarinya. Selain itu, harga dari kain wolfis ini relatif murah.

  • Kain Katun Ima

Kain katun ima ini terbuat dari serat kapas. Kain katun ima ini memiliki karakteristik ringan, lembut, adem, warna nya tahan lama, dan mengkilap. Biasanya katun ima yang terbuat dari 100% bahan katun terdapat label “Pure Cotton Japanese”. Selain untuk membuat gamis, katun ima ini bisa untuk pembuatan mukena, sprei, jilbab, dan lainnya.

  • Kain Maxmara

Kain maxmara ini memiliki motif yang cantik, beragam dan menarik. Karakteristik kain maxmara ini ringan, licin, jatuh saat dipakai, tidak transparan, anggun, dan elegan. Jenis kain maxmara ini beragam di toko-toko kain. Harga kain maxmara ini juga tergolong murah.

  • Kain Katun Jepang

Kain katun jepang ini populer dikalangan para wanita dan menjadi bahan yang banyak peminatnya. Karakteristik bahan katun jepang ini tebal, adem, tekstur nya halus, warna nya tahan lama. Harga yang dibanderol dari kain katun jepang ini cukup mahal.

  • Kain Baloteli

Kain baloteli ini memiliki ketebalan yang cukup, kain baloteli ini merupakan kain, yang terbuat dari serat campuran. Karakteristik kain baloteli ini dengan tekstur berserat garis-garis kecil, tidak membentuk tubuh, halus, tebal, tidak mudah kusut, dan tidak menerawang. Jenis bahan baloteli ini beragam, ada jenis bahan tersebut yang dikenakan terasa panas dan agak kaku.

  • Kain Rayon

Kain rayon ini memiliki tekstur licin, lembut, jatuh, halus, memiliki daya serap yang baik namun mudah kusut ketika di pakai. Kain rayon juga memiliki beragam motif dan warna pilihan. kain rayon ini dapat digunakan untuk membuat gamis, namun juga bisa untuk daster, mukena ataupun yang lainnya. Keunggulan Kain rayon ini juga nyaman ketika dikenakan.

Nah, itulah beberapa informasi terkait jenis bahan yang cocok untuk pembuatan gamis sehingga nyaman ketika anda gunakan. Semoga bermanfaat!

By berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *