Tidur bukan berarti kita suka bermalas-malasan, jika kita kurang tidur maka akan membuat kita terlihat lesu, lemas. kurang tidur juga akan membuat kita mudah terjangkit penyakit. Maka kita sangat perlu jam tidur yang cukup, tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tidur juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Salah satu penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh dan pikiran yang stress. walaupun kita sudah rajin olahraga makan makanan yang sehat kalau tidak di imbangi dengan pola tidur yang baik semua itu akan terbuang sia sia, manfaat yang ada di dalamnya tidak akan optimal. Pola tidur yang baik juga akan menentukan produktivitas kerja seseorang, jadi semakin baik pola tidur yang kita miliki maka semakin produktif pula seseorang.

Manfaat pola tidur yang cukup bagi kesehatan tubuh

Ketika kita masih kecil pasti sering kali kita sebal karena di sering disuruh tidur siang oleh orang tua, tapi ketika dewasa tidur adalah hal yang paling di nanti-nanti di tengah kesibukan. Tidur yang baik dan benar yaitu selama 7-8 jam, dalam jurnal dari National Sleep Foundation merekomendasikan usia dewasa muda (18–25 tahun) dan usia dewasa (26–64 tahun) untuk tidur 7–9 jam per hari, atau setidaknya tidak kurang dari 6 jam per hari. Sedangkan untuk usia di atas 64 tahun, waktu tidur yang dianjurkan adalah 7–8 jam per hari. Tidur yang cukup akan mempengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah. Tidur yang cukup juga akan memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut akan membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan pola tidur yang cukup akan memberikan manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini beberapa ,manfaat yang ada di dalam tidur yang cukup:

  1. Menyeimbangan nafsu makan

Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Caranya dengan menjaga hormone yang membuat kita merasa lapar (gherlin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang. Saat malam hari, kebutuhan kalori akaan berkurang karena minimnya pergerakan. Hal inilah yang membuat kebutuhan energi menjadi menurun. Jika kamu tidak cukup tidur, hormon ghrelin akan naik sedangkan hormon leptin akan turun. Akibatnya, kamu akan merasa kelaparan. Bagi anak anak kurang tidur akan berpengaruh pada kenaikan berat badan, dalam sebuah studi ditahun 2014 mengungkapkan bahwa anak-anak yang kurang tidur akan mudah mengalami resiko obesitas.

  1. Meningkatkan daya ingat

Dengan pola tidur yang cukup akan memberikan manfaat yang baik pada otak kita yaitu dapat miningkatkan ingatan. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak memroses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

  1. Tubuh menjadi lebih sehat

Yang sudah dibahas jika kita kurang tidur kita akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit, seperti meningkatkan resiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detang jantung tidak stabil atau teratur, dan diabetes. Hal itu membuktikan bahwa tidur yang cukup jika di seimbangi dengan olahraga dan pola makan yang sehat akan membuat kita selalu terhindar dari segala penyakit dan akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan selalu sehat.

By berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *